Simbol C, R, TM pada Merek


Dalam era baru ini perdagangan merupakan yang paling signifikan dalam perekonomian karena bisnis berdampak pada pemasukan dan pengeluaran yang terjadi karena perputaran uang, barang dan jasa. yang sering kita dalam dunia merek dagang suatu produk, kita sering mendengar istilah Trademark ™, Registered ®, dan Copyright ©. Biasanya tersemat pada nama sebuah merek dagang, coba Anda perhatikan nama merek terkenal maka Anda akan mendapati salah huruf kecil di dalam lingkaran, bagi yang belum tahu apa itu mari kita ulas.

Pengertian Trademark, registered, copyright, dan servicemark ini memang sangat penting bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mengembangkan brand dari produk Anda.

Simbol 'Trademark ™' merupakan kepanjangan dari Trade Mark artinya Merek Dagang. Simbol TM biasanya digunakan orang untuk mengindikasikan bahwa merek dagang tersebut masih dalam proses. Baik proses pengajuan di kantor merek ataupun proses perpanjangan karena jangka waktu perlindungan (10tahun) yang hampir kadaluarsa/expired.  

*Namun bagi negara-negara yang menganut sistem merek "first in use" seperti Amerika Serikat tanda ™ berarti merek tersebut telah digunakan dan dimiliki.
Simbol ® merupakan kepanjangan dari Registered Merk artinya merek terdaftar. Merek- Merek yang menggunakan simbol tersebut mempunyai arti bahwa merek tersebut telah terdaftar dalam Daftar Umum Merek yang dibuktikan dengan terbitnya sertifikat merek.

Sedangkan simbol © kepanjangan dari copyright artinya Hak Cipta, merupakan logo yang digunakan dalam lingkup cipta dengan kata lain karya tersebut orisinil. Pengunanaan simbol © dapat digunakan walaupun karya tersebut tidak dapat dibuktikan dengan sertifikat hak cipta, karena perlindungan hak cipta bersifat otomatis (automathic right), namun adanya sertifikat hak cipta dapat menjadi bukti formil dimata penegak hukum. Komponen penting dalam hak cipta khususnya lukisan/ logo, yaitu:
1. Pencipta (sebagai pemegang hak moral)
2. Pemegang Hak Cipta
3. Obyek Ciptaan
4. Kapan dan dimana ciptaan itu dibuat/ diumumkan

Mengenai penggunaan simbol TM dan ® ini tidak kita temui pengaturannya dalam Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek (“UU Merek”). Jadi, memang terhadap pencantuman simbol tersebut di sekitar merek tidaklah diwajibkan secara hukum dan tidak diberikan perlindungan hukum

Contohnya saja merek dagang restoran terkenal McD*nald's tersemat logo TM di belakang nama restoran tersebut, sehingga tidak yang berani untuk mengambil nama restoran tersebut di tahun-tahun berikutnya, karena sudah memiliki hukum dan undang-undang merk dagang. Sehingga sekalipun ada restoran yang memiliki nama sama "McD*nald's" tanpa seijin pemilik maka restoran tersebut sudah terindikasi hukum.

Untuk menentukan mana yang lebih tepat dicantumkan pada merek Anda, perlu dilihat apakah merek dagang restoran Anda sudah terdaftar dalam Daftar Umum Merek atau belum bisa melihat Pasal 3 UU Merek. Jika merek dagang restoran Anda belum terdaftar sebaiknya simbol ® tidak Anda gunakan. Pencantuman simbol TM kiranya lebih tepat. Namun, bila merek dagang restoran Anda sudah terdaftar, Anda dapat mencantumkan simbol ® maupun TM.

Namun perlu diketahui, dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, termasuk UU Merek sendiri tidak mengatur mengenai penggunaan simbol-simbol TM atau ®. Pencantuman simbol TM dan ® tidaklah diwajibkan juga tidak dilarang. Hanya saja untuk memudahkan dalam mengenali suatu merek dagang yang sudah terdaftar atau yang belum terdaftar.





0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com