Tips Agar Mesin Mobil Tetap Awet

Tidak banyak yang tahu mengenai perawatan mobil secara mendasar dan bagaimana memperlakukan mobil dengan tepat dari mulai menghidupkan mobil kita sampai mengendarai. Namun tidak itu saja dalam keadaan diam pun posisi mobil juga harus dipertimbangkan dari segi mesin, dari pengalaman saya sendiri mesin mobil yang lama tak digunakan dan dipanasi akan lama apabila dihidupkan kembali. Mesin mobil merupakan hal vital dalam sistem mobilisasi, tanpa mesin mobil hanya sebuah rangka yang tidak digunakan, kecuali didorong sampai tentu lucu bukan, Nah ini ada beberapa tips untuk menjaga mesin mobil agar tetap awet

1. Starter 

Perhatikan saat menstarter atau mmenghidupkan mesin mobil, kalau mobil jaman dulu tentunya sebelum digunakan sebaiknya dipanasi terlebih dahulu apabila keadaan mesin mobil dingin karena kalau mobil dalam keadaan dingin kemudian kita jalankan langsung kemungkinan besar akan mati atau tersendat-sendat ini sesuai dengan pengalaman saya pribadi. Namun yang saya dengar atau baca-baca dari media cetak lain sekarang ini perusahaan mobil sedang berusaha menemukan cara yang instan setelah dihidupkan langsung bisa dijalankan tanpa dipanasi terlebih dahulu, wow simpel sekali tentunya. Namun ada baiknya dipertimbangkan dahulu mana yang baik maupun harus disesuaikan dengan keadaan mobil kita sendiri, seperti hal nya saat kita bangun tidur kemudian lari pasti kepala terasa pusing.

2. Mematikan Mesin

Mematikan mesin mobil jangan dianggap sepele karena hal ini juga menjadi dasar keawetan mesin itu sendiri, disaat menghidupkan mesin sudah benar alangkah baiknya mematikannya juga benar. Ketepatan mematikan mobil sebenarnya mudah hanya memutar kunci atau menekan tombol off di dasboard, namun perhatikan sistem kelistrikan yang berkesinambungan dengan kinerja mesin. Matikan AC sebelum memtikan mesin mobil, memang terlihat simpel namun ini perlu karena AC juga terhubung pada mesin mesin serta perhatikan juga lampu-lampu yang masih menyala.

3. Pemakaian Oli

Bahan satu ini sangat vital bagi isi mesin mobil, mobil perlu oli atau pelumas untuk menggerakkan gear dan sekker di dalamnya. Untuk oli sendiri biasanya dilakukan pada saat men-servis mobil, penggantian oli sebaiknya juga rutin dilakukan karena oli juga akan hilang pelumasannya ketika digunakan terus menerus. Perhatikan juga standar penggunaan oli dengan melihat tipe tertentu, karena setiap mobil berbeda jenis olinya.

4. Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan jenis kendaraan anda menjadi salah satu cara bikin mesin mobil awet. Bahan bakar yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan anda akan bekerja lebih optimal. Bahkan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan jenis mesin kendaraan anda akan membuat mesin bekerja lebih baik, sehingga tidak ada bekas pembakaran yang mengotori mesin anda. Dengan begini, maka mesin akan terhindar dari bekas bakaran yang menumpuk dan lama-lama merusak mesin mobil anda.

5. Cara Mengendarai

Posisi pedal gas dan gigi percepatan sebuah kendaraan akan sangat berpengaruh pada perputaran mesin mobil. Cara bikin mesin mobil awet adalah dengan tidak menginjak pedal gas secara tiba-tiba dan dalam keadaan gigi percepatan yang tinggi pula. Hal ini akan secara tiba-tiba membuat mesin mobil anda bekerja secara mendadak dan membuatnya tidak optimal. Hal ini harus dihindari, karena mesin yang bekerja mendadak selain tidak bagus bagi mesin juga akan membahayakan bagi pengendara. Bahkan ketika anda memacu mobil dalam kecepatan lebih dari 3.500 rpm, hendaklah menjaga kestabilan gigi percepatan agar kerja mesin mobil tidak terfosir.

6. Bersihkan Filter Karburasi

Filter karburasi yang kotor cenderung akan membuat kinerja mesin menjadi berkurang. Cara bikin mesin mobil awet adalah dengan rutin membersihkan mesin karburasi. Filter karburasi yang kotor bisa anda ketahui saat anda menyalakan mesin mobil. Suara yang ditimbulkan tidaklah bening, melainkan sedikit bergetar. Bersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas dan bersihkan secara lembut dan perlahan.

Jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama jangan lupa untuk mencabut aliran accu mobil agar accu juga awet dan lama


Baca juga tips membeli mobil kijang bekas yang banyak diminati masyrakat Indonesia dari generasi ke generasi, begitu juga bila ingin memiliki mobil lama namun dengan budget yang minim bisa memilih mobil bekas atau mobil baru
www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com