Wirausaha Setelah Pensiun

Tidak selamanya anda akan menjadi seorang karyawan/pegawai, setelah memasuki usia tertentu pensiun akan menjadi sebuah keputusan. Meskipun kita merasa masih mampu untuk bekerja di sebuah perusahaan atau instansi, terdapat suatu peraturan yang mengatur masa kerja seorang karyawan atau pegawai yang akhirnya digolongkan memasuki masa pensiun pada usia tertentu.

Menurut aturan pemerintah, usia pensiun seseorang di tentukan berdasarkan regulasi perusahan atau instansi yang diatur dalam UU Tenaga Kerja.

Biasannya usia pensiun seorang pekerja berkisar pada usia 55-60 tahun, 65 tahun untuk jenjang pendidikan tertentu seperti Profesor/Guru besar dan pekerjaan tertentu yang pada artinya. Dan kebanyakan pada usia tersebut anda seharusnya sudah tidak bekerja.

Terdapat pengecualian, misalnya anda adalah pemilik perusahan atau memiliki usaha sendiri, tentu tidak mungkin juga anda memensiunkan diri anda sendiri sebagai karyawan milik perusahaan sendiri karena anda adalah bos nya.


1. Beternak
Usaha beternak menjadi sektor yang bisa digarap oleh anda yang sudah pensiun. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu kaku, Anda bisa mulai mencoba dan membangun konsep bisnis di bidang peternakan.
Dengan beternak yang sedang tren saat ini misalnya pembesaran ayam negeri, ayam petelur, bisnis pembesaran kambing atau sapi, sampai bisnis burung kicau.
Beternak sangat cocok untuk anda yang sudah pensiun namun ingin memiliki kegiatan dan penghasilan, namun tidak menguras waktu dan tenaga.
Namun dengan usia anda yang sudah bisa dikatakan terlalu matang ada baiknya memperkerjakan seorang karyawan agar lebih terbantu, sehingga anda tetap menjadi master plan bisnis anda.

 
2. Agrobisnis
Tidak jauh berbeda dengan usaha peternakan, usaha dibidang agrobisnis juga sangat cocok untuk seorang pensiunan.
Memiliki banyak waktu luang dapat dimanfaatkan untuk mulai mencoba menginvestasikan waktu untuk mulai bercocok tanam tanaman tertentu. Misalnya menanam tanaman-tanaman cengkeh, seperti tomat, cabai, terong mentimun dan lain lain, terlebih jika Anda memiliki lahan sendiri yang luas.
Kalaupun tidak memiliki lahan namun ingin serius berinvestasi di bidang agrobisnis, tidak ada salahnya mencoba menyewa lahan dan mulai menanam tanaman palawija.
Tidak harus di lapangan atau di ladang anda bisa memperkerjakan karyawan, sedangkan anda lebih baik menjadi konseptor bisnis usaha.

 
3. Kosan atau Kontrakan
Usaha berikutnya yang cocok bagi pensiunan adalah usaha kos-kosan, usaha ini tidak berat, bisa dijalankan sendiri, bahkan bisa disambi dengan usaha lain, seperti toko kelontong.
Usaha kos-kosan membutuhkan modal besar untuk membuat kamar-kamar, kalau modalnya besar berani membuat bangunan sendiri di luar rumah, dengan membuat sendiri di luar rumah, orang yang nge kost akan merasa nyaman.
Usaha ini cukup bagus prospeknya apalagi usaha kos-kosan dekat sekolah atau kampus, tentu akan sangat laris dengan harga yang bersaing.
Coba anda bayangkan satu kamar harga Rp 500.000 dan anda memiliki kamar kosan 10 (Rp 500.000 x 10 = Rp 5.000.000)/bulan bisa anda kantongi.


4. Franchise (Waralaba)

Sebuah usaha yang dijalankan sengan sistem waralaba dapat dikatakan menjadi sebuah pilihan usaha sampingan yang tepat untuk PNS. Apalagi bagi para orang tua yang sudah pensiun, karena sistem kerja ini tidak memakan banyak waktu.
Selain dapat di awali dengan modal yang terlalu besar, jenis usaha tersebut tidak mengharuskan kita menjalankan usaha tersebut setiap saat.
Karena biasanya sistem usaha tersebut sudah menggunakan seorang pegawai yang akan menjalankan usaha tersebut, sedangkan kita hanya tinggal mengontrol dan memanajemen usaha tersebut.
Di jaman sekarang usaha seperti ini banyak digemari oleh mereka yang mempunyai modal, karena selain menguntungkan, mereka tidak perlu kerja keras serta tidak hanya 1 atau 2 saja, tapi bisa sampai 5 usaha, tergantung kekuatan modal.


5. Membuka Toserba
Jika memiliki modal cukup banyak, Anda bisa membuat Toserba (toko serba ada)/mini market. Caranya anda bisa bekerja sama dengan vendor atau franchise, misalnya Indomart atau alfamart.
Namun, jika Anda lebih suka membuka toserba itu sendiri dan dimanajemen sendiri, anda bisa meniru konsepnya, namum barang barang yang dijual harus Anda cari sendiri.
Usaha ini sangat cocok untuk pensiunan, Anda bisa mengelola toko ini secara mandiri baik di kelola keluarga atau dengan membentuk struktur organisasi untuk mengelola manajemen.


6. Membuka Restoran atau Rumah Makan

Apa usaha yang Anda akan lakukan saat sudah pensiun ? ya, salah satu yang paling di minati adalah membuka rumah makan.Tawarkan makanan yang enak dengan konsep yang unik, misalnya dengan konsep prasmanan, cafe, atau dengan sistem delivery order atau mungkin anda memiliki inovasi sendiri.
Terus berinovasi dalam hal menu makanan yang Anda tawarkan jika usaha Anda tidak mau tergerus oleh pesaing. Pertahankan kualitas rasa adalah kunci kesuksesan berbisnis makanan.


7. Toko Online
Trend bisnis masa kini dan mempunyai prospek sangat bagus mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang dipastikan akan terus berkembang pesat dari tahun ke tahun. Dengan kemampuan dan bakat yang anda miliki dapat memanfaatkan menjalani bisnis online.
Contohnnya Jualan online dan membuka toko online bisa lewat Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya mungkin dalam grup Whatapps, Telegram dan sebagainya sehingga dapat memperluas jaringan produk anda sat pensiun sehingga anda tidak perlu repot menyebar brosur kesana kemari.


8. Toko Fashion

Fashion tidak akan lekang dari waktu ke waktu karena setiap perubahan fashion memiliki inovasi terbaru. Banyak perancang busana berlomba-lommba untuk memamerkan busana terbaru mereka mulai dari yang terbaru bahkan kembali retro lagi. Ini cocok buat anda yang ingin bergelut di bisnis fashion karena anda juga berinovasi sendiri untuk merancang busana yang ingin dibuat dan anda bisa menjual di toko anda sendiri.
Jadi anda bisa mengembangkan hobi atau keahlian anda dalam merancang di usia pensiun, namun bila anda hanya ingin membuka dan menjual toko fashion saja ada baiknya mencari relasi pasar toko baju.


9. Reseller

Menjadi reseller atau penjual lagi adalah salah satu pilihan bagus juga untuk anda. Ini merupakan salah satu ide usaha yang dapat dijalankan ketika saat pensiun adalah menjadi reseller barang-barang untuk dijual lagi.
Cara ini cukup mudah, anda tinggal mencari penjual barang, misalnya penjual tas atau pakaian, membuat janji dengannya untuk bertemu (sistem COD) dan mengambil barang jualan.
Kemudian kita tinggal mencari konsumen baru untuk menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan penjual pertama. Bisa diterapkan pada poin ke 8 juga.


10. Laundry

Jika anda tinggal di kota sangat cocok menjalani usaha ini apalagi mempunyai tempat strategis contohnya mempunyai rumah dekat kampus atau pertokoan besar yang mempunyai karyawan banyak kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha yang berpeluang besar mendapatkan banyak keuntungan.
Bila anda menawarkan jasa laundry ke hotel-hotel di kota anda bisa menjadi prospek lebih, bayangkan jika lebih dari 1 hotel sudah melakukan relasi pada jasa laundry tiap bulannya atau bahkan tiap hari maka pundi-pundi anda akan bertambah di masa pensiun.


11. Rental Mobil
Apabila ketika aada menjadi karyawan dan mampu membeli mobil memiliki banyak kendaraan, ada baiknya kendaraan-kendaraan tersebut tidak anda jual, melainkan disewakan atau rental.
Dengan menjalani bisnis rental mobil, andatidak perlu memikirkan banyak hal. Jika tidak mau repot, anda tinggal menitipkan kendaraan yang dimiliki ke tempat penyewaan mobil atau motor.
Nantinya tinggal melakukan hitung-hitungan mengenai keuntungan yang diperoleh dari hasil menyewakan kendaraan anda.
Nah demikian saya rangkum 11 wirausaha di masa transisi pensiun anda, tentu di masa pensiun akan sangat berbeda di saat masa anda menjadi karyawan/pegawai karena memiliki relasi bekerja dan gaji tinggi. Namun ketika sudah pensiun anda harus mencari strategi agar pundi-pundi terus bertambah dan anda bisa menjadi bos, karena sudah saatnya anda menjadi bos tidak harus terus menjadi karyawan.

Terima kasih semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
loading...