Memulai Bisnis Online - akuBagus.com
Your Ad Spot

Hot

Post Top Ad

Memulai Bisnis Online


 

Saat ini atau jaman now siapa yang tidak tahu bisnis online? Yah, bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan pada media sosial yang berbasis internet, sehingga sangat memudahkan para pembeli maupun pedagang dalam menjajakan produk. Karena penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka langsung atau mengunjungi lapak yang mereka jual, sangat mudah dan merepotkan bagi sobat yang mungkin sibuk bekerja.

Namun sebenarnya ada beberapa tips untuk memulai bisnis online dan patut untuk dicoba tentunya bagi sobat yang ingin menekuni bisnis online atau jug abis offline dengan teknik marketing online. Begini tips nya

1. Fokus

Biasanya pebisnis online dalam memilih suat produk itu banyak yang ingin dijual kepada konsumen atau publik. Namun perlu diperhatikan bahwa fokus dalam berbisnis itu penting terutama dalam satu bidang. Misalnya say ingin berjualan online produk makanan burung, kemudian dress wanita, ditambah aksesoris mobil mungkin apa yang sobat lihat tidak relevan dan itu memang benar. Upayakna untuk fokus terhadap satu bidang atau produk yang ingin dijual agar lebih dikenal oleh khalayak umum.

2. Pilih produk

Meskipun berbau online barang yang akan kita jual tidak bersifat online seperti menjual domain, hosting, bog, dan sebagainya yang berbau internet, namun berbisbis online kita jjuga memiliki barang yang yang akan kita jual secara fisik seperti jjual baju, tas, sepatu, dan lain-lain.

Carilah produk yang sobat pahami seluk beluknya, mulai bahan baku sampai proses produksi, karena produk yang kita jual harus kita presentasikan ke publik. Misal sobat menjual pakaian namun tidak tahu bahan dan barang yang ditanyakan konsumen sebelum mereka membeli, ini fatal sekali, saya pun dulu pernah demikian dan kita harus terus belajar lagi sekalipun belum mengenal lebih dalam produk yang kita jual secara online.

3. Buat lapak (Toko)
Buatlah lapak atau tempat berjualan secara online untuk menggelar dagangan kita. Banyak banget yang bisa kita lakukan seperti menggunakan website atau blog gratis atau situs-situs marketplace seperti lazada, tokopedia, bukalapak, dan banyak lagi. 

Biasanya sih kalau produk kita lebih dikenal ada baiknya memakai domain berbayar dan hosting sendiri. Lapak ini kita ibaratkan sebagai toko kita, karena tanpa lapak apa yang kita jual? Maka pemebeli juga tidak akan datang tentunya.

4. Marketing

Pada saat kita sudah fokus dan menjalankan strategi lainnya ada kalanya kita menaikkan traffic kita dalam memasarkan produk kita. Ibarat kalau artis bisa go international, kalau kita perlu memperluas jaringan produk kita misalnya melalui internet atau bisa jugfa media sosial grup, karena sarana ini lebih mengena dan kita biasanya tahu kebutuhan dari calon konsumen kita.

Kalau misal ada anggaran lebih bisa menggunakan Adsence sehingga jaringan lebih luas lagi.

5 . Bangun aset

Saya hanya mengutip dari beberapa pebisnis yang sudah sukses menjalankan bisnisnya lewat internet, mereka memiliki mindset mengenai aset. Karena bisnis itu memang bisa naik turun dan tidak menentu, maka mereka segera mungkin membangun aset dan terus mengembangkannya atau menambah aset dan terus menambah hingga kita memiliki aset lebih dari satu atau dua.
 

Demikian sharing kali ini, bila ada kekurangan dalam penyampaian informasi mohon maaf sebelumnya karena manusia sejatinya terus belajar.

Terima kasih sekian

Post Top Ad