Tips Agar Sehat dan Awet Muda


Halo sobat kembali ke blog sederhana ini, ksli ini kits bahas tentang kesehatan tentu setiap orang ingin sehat bukan? kesehatan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya namun terkadang kita lupa akan menjaga dan mensyukurinya. Untuk menjalankan pola hidup sehat sebenarnya tidak terlalu sulit namun sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Kita hanya perlu memperhatikan beberapa kebiasaan kecil sehari-hari yang dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita sendiri. 

Tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal juga, jadi untuk anda yang tidak mau mengeluarkan banyak biaya lakukan pola hidup sehat mulai mulai dari yang paling sederhana dan yang terpenting mari kita lakukan dari sekarang. Agar hidup kita lebih sehat ikuti tips berikut :


1. Atur Pola Makan

Yang pertama kita bahas adalah tentang makan, pasti kita semua sebagai manusia tentunya butuh makan kan namun jangan sembarang makan. Makan merupakan hal pokok bagi kebutuhan hidup manusia karena energi yang kita gunakan berasal dari makanan yang kita konsumsi dan pola makan yang teratur. Sumber makanan menentukan bagaimana tubuh kita mengolah serta memilah beberapa kebutuhan dan gizi yang kita gunakan dalam tubuh kita seperti karbohidrat, protein, lemak, serta kandungan nutrisi lainnya.

Kita membutuhkan nutrisi yang mencukupi supaya tubuh tetap sehat. Nutrisi ini didapatkan dari makanan-makanan yang bergizi dan itu berarti Anda perlu memiliki pola makan yang baik. Perhatikanlah jumlah gula, lemak, garam, dan porsi makanan. Variasikan jenis makanan yang disantap dan perbanyak konsumsi buah serta sayuran.


2. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh kita didominasi oleh cairan yang terkandung dalam tubuh kita sekitar 60% - 70% dari berat tubuh kita, bila kita kekurangan cairan maka kita akan mengalami dehidrasi dan akhirnya lemas sehingga akan mengalami gangguan pada tubuh kita mulai dari proses berpikir, konsentrasi, gerak, hingga sampai pingsan. Maka dari itu minum air putih disarankan setidaknya 8 gelas sehari, namun perlu diketahui kandungan air haruslah steril dari berbagai gangguan dari luar dan mikroorganisme, jangan sampai air yang kita minum banyak mengandung bakteri dan kuman yang dapat membayakan tubuh kita. 


Karena sumber air minum yang tercemar merupakan salah satu penyebab adanya 1,7 miliar kasus diare dalam setiap tahun. Dan ingat selalu tutup rapat-rapat air yang akan kita minum karena air yang terbuka rentan terhadap kuman dan jentik-jentik nyamuk yang bisa sewaktu-waktu hinggap di dalam air yang akan kita minum.


3. Olahraga

Berolahraga sangatlah penting bagi kesehatan kita tentunya banyak sekali manfaat olahraga yang teratur bagi kesehatan kita, diantaranya ialah tidur menjadi lebih nyenyak, suasana hati stabil, otot dan tulang yang kuat, bobot badan ideal, dan umur lebih panjang.


Rutin berolahraga bukan hanya bagian pola hidup sehat dari orang yang berusia muda. Berapa pun usia Anda, entah masih muda atau sudah tua, upayakanlah agar tetap aktif secara fisik. karena banyak sekali kasus dimana orang yang malas berolahraga rentan terhadap penyakit yang menyerang tubuh, upayakan juga olahraga yang tidak membahayakan diri kita dan tidak terlalu ekstrem seperti jogging, push up, sit up, bersepeda, dan sebagainya.


4. Mengelola Stres

Untuk mengelola stres sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu tempuh. Misalnya kamu bisa mengambil waktu luang untuk berileksasi, yoga, meditasi, atau bahkan menjalani hobi yang belakangan ini jarang dilakukan lantaran sibuk kerja. Manfaatkan waktu liburan bersama keluarga untuk jalan-jalan atau makan santai yang alami misal dengan pedesaan yang asri karena sekarang banyak sekali restoran menyajikan konsep pedesaan, atau yang belum menikah bisa meluangkan waktu untuk travelling ke suatu tempat yang jarang dikunjungi seperti di pegunungan atau pantai sehingga dapat menjadikan pikiran tidak "riweuh" dalam keseharian kita di hari-hari bekerja. 


Mengurangi stress dan mengelolanya dapat menambah usia hidup kita karena menghindari stress dapat memberi kita pola hidup yang sehat, karena otak kita merupakan manajemen seluruh tubuh kita dari ujung kepala sampai kaki. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini.


5. Menjaga Kebersihan

Kalau kita lihat temppat kotor tentu akan tercium juga aroma tidak sedap, begitu pula aroma itu akan mengundang hewan-hewan parasit sehingga berkembang biak dalam lingkungan hidup kita seperti lalat contohnya. Bayangkan jika temapt kita kotor dan bau sehingga banyak lalat yang beterbangan di sekitar tentu risih bukan, tidak hanya lalat yang akan mendekat namun kecoa, tikus dan hewan lainnya yang dapat menularkan penyakit. Untuk itulah kebersihan sangat menjadi prioritas dalam kita hidup sehat karena faktor eksternal ini banyak sekali disepelekan, benar bukan. 



Sekarang coba kita benahi mulai dari kamar kita rapikan agar tidak banyak debu yang bertebaran ssehingga menganggu kelancaran bernafas kita.


6. Istirahat Cukup dan Teratur

Cukup tidur atau istirahat merupakan hal pokok dalam hidup manusia, bayangkan jika kita kurang tidur atau tidak tidur sama sekali  pasti semua aktifitas yang kan kita jalankan akan terganggu dan tubuh akan terasa lemas. Kebutuhan tidur tiap manusia sangat berbeda tergantung dari usia, bayi baru lahir butuh tidur 16-18 jam sehari, anak umur 1-3 tahun butuh tidur sekitar 14 jam sehari, dan anak umur 3-4 tahun butuh sekitar 11-12 jam. Sedangkan anak usia sekolah biasanya butuh 10 jam, anak remaja butuh 9-10 jam, dan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam sehari.


Jika tubuh mengalami insomnia atau tidak bisa tidur di malam hari usahakan untuk melakukan olahraga yang teratur, sehingga tubuh lebih rileks dan mengeluarkan antitoksin yang mengendap dalam tubuh kita sehingga tubuh lebih rileks, saya sudah mencoba ini. Ketika pagi bersepeda atau berangkat kerja bike to work pulang dan pergi badan akna merasa rilek di malam hari dan tidur lebih nyenyak.


7. Hindari Kebiasaan Buruk

Disamping memilih makanan yang tepat, minum air, olahraga, dan sebagainya kita juga harus mulai menghindari kebiasaan buruk agar pola hidup sehat bisa terwujud dengan baik.


Beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihentikan antara lain seperti merokok, minum alkohol, konsumsi berlebihan makanan manis, berlemak, begadang, dan sebagainya yang bisa merugikan tubuh kita ke depannya. Terlebih merokok dapat merugikan tubuh sendiri maupun orang lain sayangi tubuh kita sendiri agar lebih hidup sehat tanpa asap rokok.



"Sekian artikel sederhana ini semoga bisa membantu kita dalam membuat hidup kita lebih sehat dan memiliki pola hidup yang teratur dalam sehari-hari kalau bukan kita yang memulai siapa lagi, karena kesehatan sangat mahal tapi lebih mahal lagi kalau kita sakit."







Referensi : 
  1. Akusehatku
  2. Deherba
  3. Cantikitu
  4. Google  Image


Postingan terkait:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Belum ada tanggapan untuk "Tips Agar Sehat dan Awet Muda"

Post a Comment