Kijang Doyok Seharga Innova





Kijang Doyok

Toyota Kijang Doyok jadi salah satu mobil legendaris yang pernah ada di Indonesia. Meski desainnya yang jadul alias jaman dulu, namun kenyataannya mobil tersebut masih banyak diburu terutama oleh para kolektor mobil lama.

Salah satu mobil jadul dari generasi pertama yaitu Kijang Doyok dan tampilannya cukup menarik datang dari salah satu kota terbesar di Jawa Barat yaitu Bandung, milik Sudirman. Dengan tampilan warna krem dikombinasikan dengan warna cokelat, mobil keluaran tahun 1981 itu tampak retro namun elegan, dan masih terawat tentunya.

Bertepatan dengan acara Toyota Owner Club (TOC), Kijang Doyok milik Sudirman menyita mata beberapa owner kijang lainnya. Meski sang pemilik tak ada di tempat saat itu, namun rekan Sudirman yang membawa mobil tersebut ke Jakarta tak keberatan menjelaskan sejarah sikat Kijang Doyok yang dimiliki temannya tersebut. Salah satu yang iku andil dalam perombakan Kijang Doyok tersebut dalah Dimas Betet, yang merupakan salah satu mantan ketua komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI).


Setelah digali mengenai Kijang Doyok yang tampak menyita mata ini Dimas menyebutkan bahwa Kiajng tersebut hasil dari kanibalan dari tiga mobil yang sama-sama buatan tahun 1981. Terlihat perubahan tidak signifikan namun masih agar terlihat bentuk orisil bahwa itu merupakan Kijang Doyok generasi pertama di Indonesia.




Modifikasi


Dalam memodifikasi Kijang Doyok tersebut Dimas menyebutkan tidak sedikit waktu yang diperlukan karena beberoa kendala yang harus segera diatasi seperti halnya suku cadang yang kadang tidak pas. Namun beruntung dengan keikutsertaasn mereka ikut komunitas TKCI beberapa suku cadang dan spare part dapat ditemukan dari informasi komunitas tersebut sehingga mudah dan membantu. Seperti contohnya





“paking set, ini harus orisinil, dan ternyata dapatnya di Jawa Tengah, ada toko yang jual barang-barang lama dan beberapa lain dari teman-teman komunitas, seperti wiper, spion, dinamo wiper, rem pakai kijang 1996,”
Untuk mesin sendiri memang masih orisil dari mobil tersebut meskipun kadang agak nyendat-nyendat kalau dipakai agak lama atau jarak jauh karena akar permasalahannya dari pengapiannya. Pernah ada yang nawar tukar dengan Kijang innova tahun 2010 namun mereka tidak mau, karena memang pemilik mobil ini suka sekali dengan Kijang, "bahkan sampai sekarang STNK masih aktif" imbuhnya.

Nah agar mobil Kijang Doyok ini tidak terlalu ketinggalan jaman mereka menambahkan beberpa fitur seperti sunroof, kabin AC, serta kunci alarm, untuk biaya sendiri mereka enggan untuk mengungkapkannya. Nah bagi sobat yang cinta banget ni ama mobil Kijangnya agar tidak ketinggalan jaman mungkin perlu menambahkan beberpa fitur agar lebih modern namun tetap klasik, namun itu semua kembali pada masing-masing apakah suka yang masih fresh dan original ataukah perlu ada penambahan-penambahn khusus untuk menambah tampilan retro tapi berkelas.

Postingan terkait:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Belum ada tanggapan untuk "Kijang Doyok Seharga Innova "

Post a Comment