Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapat Kerja





Usai lulus dan resmi diwisuda, selanjutnya para mantan mahasiswa ini mempersiapkan satu hal, yaitu mendapat pekerjaan. Mungkin pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau sesuai passion. Atau paling tidak, memiliki sedikit kerelavanan dengan jurusan kuliah.

Tapi yang kita semua tahu adalah mencari pekerjaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun dalam dekade terakhir, Indonesia mengalami penurunan tingkat pengangguran sebesar 0,17 persen sejak 2016 hingga 2017. Data tersebut dikemukakan Badan Pusat Statistik pada Mei lalu.

Jumlah pengangguran di Indonesia kini masih mencapai angka 7,01 juta orang pada tahun 2017. Artinya kamu bersaing dengan jutaan orang itu untuk mencari pekerjaan. Namun, rupanya ada beberapa jurusan kuliah yang membuatmu langsung mendapat pekerjaan bahkan setelah lulus kuliah, dilansir dari USA Today. Berikut jurusan yang mudah Mendapat Pekerjaan:



1. Arsitektur


Jurusan kuliah yang satu ini memang tidak murah. Apalagi, untuk masuk ke jurusan kuliah ini, mahasiswa diminta untuk memiliki keahlian menggambar, daya kreativitas tinggi, hingga memiliki perhitungan cerdas dalam membangun sebuah bangunan, ini sama hal nya adik saya yang hampir tiap hari berkutat pada meja belajar karena menggambar desain yang begitu rumit.

Namun berdasarkan data di Amerika, mahasiswa di jurusan arsitektur ini memiliki potensi dipekerjakan sebesar 96 persen. Hal ini membuat para mahasiswa arsitektur mudah mencari pekerjaan karena di industri pekerjaan sangat dibutuhkan.


2. Teknik


Selain terkenal sebagai jurusan yang menghasilkan lulusan bergaji besar, jurusan teknik juga tak lekang oleh waktu sebagai jurusan yang menarik minat tinggi. Misalnya jurusan teknik mesin, teknik sipil, hingga teknik komputer.

Walaupun tak mudah untuk masuk ke jurusan ini, rasanya setimpal ketika lulus sebab kamu bukan hanya langsung diterima di sebuah pekerjaan melainkan juga mendapat penghasilan tinggi. Kita tentu tahu bukan banyak pemimpin bangsa ini yang lulusan dari jurusan teknik salah satunya Ir. Soekarno beliau lulusan ITB di jaman Belanda.


3. Bisnis/Ekonomi


Jurusan ini seakan tidak akan lekang oleh zaman, dari dulu hingga sekarang lulusan dari jurusan bisnis hingga ekonomi selalu dibutuhkan di dunia kerja. Hal ini tidak akan membuat kamu pusing untuk melamar pekerjaan.

Dua jurusan yang besinggungan dengan keuangan ini buktinya masuk ke dalam deretan jurusan kuliah yang bikin lulusannya mudah untuk masuk ke industri pekerjaan. Tapi tantangannya adalah lulusan di jurusan ini sangat banyak dan kamu bersaing dengan mereka semua. Biasanya ekonomi akuntansi banyak dibutuhkan karena langsung ke bagian keungannya, tentu tidak sembarangan orang untuk mengatur kas keuangan perusahaan.


4. Komunikasi


Biasanya jurusan ini memiliki peminat paling tinggi di sejumlah universitas baik negeri dan swasta. Komunikasi sendiri merupakan salah satu jurusan yang membuat lulusannya mudah dalam mencari pekerjaan. Hal ini disebabkan ilmu komunikasi selalu diterapkan di setiap industri kerja misalnya humas, hubungan internasional, atau jurnalistik.

Komunikasi sendiri juga merupakan skill dasar yang harus dimiliki setiap calon pekerja di dunia lapangan nanti. Jurusan ini sendiri menurut survei sebesar 93 persen lulusannya bisa langsung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Dari pengalaman teman yang masuk jurusan ini, memang lulusnya sulit tapi setelah lulus biasanya job nya banyak karena bukan orang sembarangan dan belum tentu banyak yang bisa mengenal IT lebih dalam, saya pun demikian.


5. Ilmu Fisika

Kenapa ilmu fisika? Ilmu ini biasanya membuat mahasiswanya mudah dipekerjakan oleh perusahaan bidang SDA (Sumber Daya Alam), mata kuliah yang dipelajari biasanya bercabang seperti astronomi, kimia, geologi, geofisika, matematika, statistik, dan meteorologi.

Menurut penelitian yang dilakukan Amerika Serikat bernama Course Hero Survey pada Juni lalu menyebut sebesar 95 persen lulusan mahasiswa ilmu fisika bisa langsung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.



Postingan terkait:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Belum ada tanggapan untuk "Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapat Kerja"

Post a Comment