Formasi CPNS 2018


Masih seputar CPNS karena besarnya animo masyarakat Indonesia dengan tes CPNS ini tidak mengurungkan niat para pelamar untuk mencoba dalam tes-tes yang diadakan di tahun 2017. Dengan jumlah formasi yang terbilang cukup banyak pada pelamar 2017 tidak sedikit pula jumlah pelamar semakin sedikit pula, sebaliknya jumlah pelamar semakin banyak dan persaingan semakin ketat. 

Seleksi CPNS ini ditujukan bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (pemda). Kira-kira berapakah formasi yang akan dibuka?

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi PAN-RB sedang melakukan penghitungan kebutuhan formasi CPNS di masing-masing daerah.

"Kami juga tengah melakukan validasi data yang telah disampaikan oleh tiap-tiap pemerintah daerah melalui e-formasi sehubungan dengan adanya perubahan struktur organisasi perangkat daerah pasca diberlakukannya PP 18/2016 tentang Perangkat Daerah," paparnya. 

Nantinya pada tahun 2018 jumlah PNS yang memasuki pensiun sekitar 220 ribu orang. Maka formasi yang akan dibuka sekitar 50%-60% dari jumlah pensiun tersebut. 

"Sesuai kebutuhan kan yang pensiun sekitar 220.000 total daerah dan pusat. Kita tidak menerima sebesar pensiun, tapi kita hanya menerima 50%-60% dari jumlah yang pensiun atau lebih dikit. Tapi tetap mengacu pertumbuhan minus," jelas kata di Kementerian PAN-RB Jakarta.

Agar lebih mempersiapkan ujian yang akan diikuti ada baiknya untuk lebih giat berlatih soal-soal yang sebelumnya sudah diujikan, karena tidak menutup kemungkinan soal akan kembali terulang seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, silakan download Kumpulan Soal-soal Tes CPNS.

Postingan terkait: