Memelihara Lovebird

Siang ini saya akan bercerita mengenai kehidupan saya yang begitu luar biasa, mengenai beberapa hobi yang bisa dibilang unik bagi kaum anak muda. Waktu itu rumah terasa sepi tanpa adanya hirup pikuk orang mengobrol atau saudara atau teman yang berkunjung kerumah. Waktu itu saya sedang cuti kuliah dikarenakan ada faktor eksternal yang menghambat (sedikit gaya hahaa...).



Saat itu saya kepikiran untuk memelihara seekor hewan yang lucu dan manja yaitu kucing, kenapa saya memilih kucing dalam benak saya, karena kucing adalah hewan kesayangan Rasulallah Nabi Muhammad SAW yang mana bernama Mueeza. Dari artikel yang saya baca kucing memiliki banyak sisi positifnya terhadap manusia, disamping tidak najis dan tidak akan merugikan bagi para penghuni rumah maupun tamu yang akan datang kerumah. Namun saat itu aku berpikir 2x-100x untuk memelihara seekor kucing, kendalanya adalah ibu ku tidak suka dengan kehadiran kucing drumah tiap kali melihat kucing saja serasa dunia ini bergoncang bak sang raja hutan yang sedang mengamuk di rimbanya. Seketika itu juga ak urungkan niatku untuk mengadopsi seekor kucing yang cantik nan lucu. 

Hasil gambar untuk gambar kucing

Karena sudah ganti haluan akhirnya ak jalan-jalan ke pasar hewan, kalau di tempatku di daerah splendid disana banyak dijual hewan mulai hewan melata sampai teerbang. Ada juga toko bunga mulai yang berbuah sampai berbunga. Aku memutusakn hewan apa yang akan aku rawat, setelah membaca beberapa artikel dirumah di web google akhirnya nemulah Omkicau disana terdapat banyak sekali tips-tips yang bermanfaat mengenai burung unggas. 

Dengan budget yang sesuai aku membeli kandang yang berukuran sedang lengkap dengan tempat makan & minumnya. Jalan agak ke dalam aku melihat berbagai jenis burung yang memiliki bulu-bulu indah tak kalah dengan suara kicau yang merdu bak hutan tropis yang bernyawa dalam rimbunnya. Aku terdiam di salah satu toko milik pedagang memarkan burung andalannya aku ajak ngobrol bapak itu dan akhirnya ak mendapatkan nama burung itu yaitu Lovebird, banyak juga yang bilang labet.


Seketika aku mencari info dari Google dari smartphone sederhanaku, tak lama akhirnya aku mendapat info mengenai cara merawat sampai dengan membuat kandang dan makanannya. Suarannya lantang dengan ukuran yang bisa dibilang kecil dengan bulu yang berwarna terang. Seketika akupun membawa burung itu kerumah dengan kandang yang berukuran sedang itu, senang juga ternyata burung ini tidak bosan kudipandangi, berhubung ak dapat sore waktu setempat burung itu enggan untuk berkicau aku tunggu sampai keesokan harinya. Pagi-pagi burung Lovebird berkicau dengan lantang seisi rumah serasa di dalam hutan, padahal hanya 1 ekor burung tapi sungguh ramai dan terhibur. Kasihan juga burung ini bila dikurung di kandang yang kecil ini, ibarat manusia dimasukkan dalam sel tahanan dan tak bisa bergerak kesana kemari. Kahirnya ak memutuskan untuk merancang  kandang besar, sekalipun hanya burrung kecil namun setidaknya dia bisa bebas bergerak kesana kemari.

Setelah beberapa minggu aku mendapatkan bahan kandang dari saudara ibuku di Madiun, karena sebelumnya saudara ibuku ini pernah memelihara berbagai jenis burung yang eksotis. Akhirnya akupun membuat kadang yang bisa bisa dihuni 10-15 ekor burung lovebird ini. Senang tentunya, karena selama kurang dari 1 minggu aku membuat kandang penuh dengan perjuangan, sedikit tidaknya ada orang yang membantu dalam pembuatan kandang milikku ini salah satunya adalah ayahku sendiri awalnya tidak ingin merepotkan siapa-siapa namun manusia tidak bisa bekerja tanpa bantuan orang lain juga heheee...

Akhirnya aku memiliki beberapa ekor burung dari jenis yang sama akhirnya rumah terasa benar-benar di dalam hutan, aku senang sekali. Hobi ini akan berlangsung lama, mulai dari aku membersihkan kadang , memberi makan, sampai memandikan burung-burung ini. Aku desain ini kandang sesuai dengan kondisi alam alam diluar tapi sesuai dengan kondisi keuangan juga tentunya. Apapun hobinya akan selalu membawa dampak positif yang akan merubah hidup kita.

Postingan terkait:

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
loading...